Layanan VPN cepat dan stabil di Indonesia
Searching...
Kamis, 26 Oktober 2017

Panduan Penggunaan Windows 8 untuk Pemula

Oktober 26, 2017
VPN Gratis 2 Minggu dengan Kualitas Premium, Klik Disini - Meski sudah muncul windows terbaru, yaitu windows 10 yang telah menggantikan windows 8 namun pada kenyataannya masih ada beberapa pengguna windows yang kesulitan untuk menggunakan windows 8 tersebut.

Sebagaimana diketahui, jika windows 8 ini hadir dengan interface yang lebih berbeda dan fresh serta banyaknya fitur yang membuat pengalaman baru saat mengoperasikannya.

Oleh sebab itu, mimin berusaha menjelaskan untuk pengguna windows 8 untuk lebih mudah memakainya (Panduan atau Tutorial ini tidak cocok bagi yang sudah menggunakan windows 8 ke atas) :D

Awal munculnya, windows 8 yang dihadirkan oleh Microsoft ini sebenarnya menjawab tantangan operating system yang bisa digunakan pada PC atau Personal Computer dan Tablet, selain itu dapat juga digunakan walau dengan cara tradisional yaitu menggunakan mouse dan keyboard, serta sesuai dengan pengaplikasian pada teknologi yang saat ini sedang trend, yaitu touch screen (layar sentuh).

Ada beberapa perbedaan yang cukup signifikan antara penggunaan OS windows sebelum windows 8. Jadi, ketika kamu beralih dari windows 7 ke windows 8 mungkin agak sedikit kaku dan bingung sebab belum dijumpai sebelumnya, misalnya tampilan desktop, tombol start, dan lainnya.

Panduan Penggunaan Windows 8 untuk Pemula (Credit Image: neverblock.me)

Nah, daripada penasaran... berikut ini penjelasan mengenai Panduan Penggunaan Windows 8:

1. Navigasi Dasar
Windows 8 hadir dengan tampilan aplikasi kotak yang berwarna-warni dan terlihat lebih fresh. Sangat mudah digunakan jika kamu menggunakan tablet karena hanya dengan menggeser jari di layar kiri dan kanan maka dengan mudah aplikasi ini digunakan.

Jika menggunakan cara tradisional dengan mouse dan keyboard maka kamu cukup menekan tombol Home dan End untuk menggerakkan screen layar windows 8, kemudian gunakan kursor untuk memilih aplikasi yang mau dijalankan dan klik mouse atau tekan enter.

2. Menampilkan Menu
Berbeda dengan windows versi-versi sebelumnya, di windows 8 ini kamu tidak akan menemukan tombol start yang biasanya terletak di sudut kiri bawah layar. Nah, di windows 8 ini ternyata fitur tersebut disembunyikan.

Informasi:
Bagi pengguna Windows 8, untuk mencegah terjadinya pencurian data saat terkoneksi ke internet maka sebaiknya diperlukan aplikasi tambahan agar keamanan sistem lebih terjamin. Kamu bisa menggunakan VPN yang bisa kamu download secara gratis disini.

Untuk menampilkan menu, kamu cukup klik kanan pada sudut kiri bawah layar atau juga dengan keyboard dan menekan "Windows + X". Setelah ini maka kamu akan menemukan tampilan menu yang biasa dijumpai, seperti Device Manager, Explorer, Control Panel, Search Dialog, dan lain sebagainya.

3. Menu Aplikasi
Jika point 2 hanya menampilkan menu, lalu bagaimana cara untuk menampilkan menu aplikasi? Caranya hampir sama dengan menampilkan menu, kamu cukup tekan "Windows + Q" atau klik kanan di layar atau juga dengan menggerakkan jari dari dasar bawah ke atas.

Dengan cara tersebut maka kamu akan menemukan semua aplikasi dalam bentuk ikon kotak yang berwarna-warni.

4. Shutdown
Jika pada windows versi sebelumnya untuk men-shutdown pc lebih mudah ditemukan, namun untuk windows 8 akan berbeda. Kamu harus mencarinya dengan cara letakkan mouse di sudut kanan bawah atau jika dengan keyboard tekan "Windows + I" maka akan ditampilkan tombol Power, lalu lik tombol tersebut dan pilih Shutdown atau pun Restart sesuai kemauan.

Baca Juga:
7 Tips Mudah Agar Wifi Tidak Limited Access di Windows 8


5. App Bar
Di windows 8 tidak lagi menampilkan App Bar (aplikasi yang sedang digunakan) yang biasa kamu lihat di bagian bawah layar. Namun, di windows 8 ini kamu bisa juga mengetahuinya dengan cara "Alt + Tab" atau dengan menekan "Ctrl + Shift + Esc" untuk menampilkan menu apa saja yang sedang berjalan dengan Task Manager.

6. Menutup Aplikasi
Perlu diketahui bahwa windows 8 ternyata tidak memiliki tombol Close atau tanda X yang biasanya terdapat di sudut kanan atas layar. Lalu bagaimana menutup aplikasi yang sedang terbuka? Nah, untuk windows 8 ini maka kamu cukup menekan "Alt + F4" maka aplikasi yang kamu gunakan bisa ditutup.

7. Picture Password
Ini salah satu kelebihan dari pada sistem operasi windows 8, yaitu terdapat Picture Password yang berguna sebagai password. Untuk menggunakan picture maka kamu harus mengkombinasikan menjadi tab atau garis atau juga lingkaran. Dari kombinasi tab tersebut maka bisa digunakan sebagai password untuk kamu Log On. Cara penggunannya adalah pilih Select Win + I > More PC Settings > Users > Create a Picture Password.

Nah... itu dia 7 panduan singkat yang bisa kamu gunakan saat mengoperasikan windows 8. Kalau gak mau ribet, saya akan bagikan beberapa "shortkey" yang terdapat di windows 8.

Win : Switch antara Start screen dan Applikasi yang sedang berjalan
Win + C : Menampilkan Charms: the Settings, Devices, Share and Search options
Win + D : Menampilkan desktop
Win + E : Menampilkan Explorer
Win + F : Membuka Search pane
Win + H : Membuka Share pane
Win + I : Membuka Settings
Win + K : Membuka Devices pane
Win + L : Mengunci PC
Win + M : Meminimizekan Jendela Exploer atau Internet Explorer (Pada saat Jendela dalam keadaan Maksimal)
Win + O : Toggles device orientation lock on and off
Win + P : Switch tampilan pada layar lain atau projector
Win + Q : Membuka the App Search pane
Win + R : Membuka Kotak Run
Win + U : Membuka the Ease of Access Centre
Win + V : Cycle through toasts (notifications)
Win + W : Mencari system settings (type POWER for links to all powerrelated
options, say)
Win + X : Menampilkan menu tools Windows dan applets
Win + + : Untuk Zoom in
Win + - : Untuk zoom out
Win + , : Aero peek pada desktop

0 komentar:

Posting Komentar